Belanja Online

Belanja online semakin menjamur pada tahun 2011 lalu. Setiap hari banyak sekali bermunculan situs online shop baru yang menyediakan keunggulan dalam belanja online. Mulai dari online shop baju, sepatu, makanan, barang elektronik dan lain sebagainya. Ada beberapa jenis online shop yang beredar, mulai dari usaha perorangan yang hanya menjual secara online, sampai department store online serta media sosial yang bergerak ke arah e-commerce. Mereka semua gencar sekali menggaet pembeli dan juga mitra bisnis sepanjang tahun 2011 lalu.

Salah satu online shop yang terkenal adalah Department Store online. Semakin banyak pilihan situs belanja online menjadi daya tarik bagi pebelanja. Apalagi dengan adanya penawaran khusus. Misalnya, tersedia sistem pembayaran dengan cicilan 12 kali, dengan adanya kerjasama dengan sejumlah bank dan penerbit kartu kredit. Jenis online shop yang kedua adalah Mall online.Sementara sejumlah situs penyedia diskon dengan voucher online juga tak kalah giatnya. Banyak sekali online shop yang memiliki karakter serupa menyediakan kupon diskon untuk pemenuhan kebutuhan dan gaya hidup masyarakat urban. Bekerja sama dengan berbagai merchant, seperti restoran, hotel, pusat hiburan seperti karaoke, watersport, tiket konser, dan lain sebagainya, situs kupon atau voucher diskon ini semakin mahir menggaet pembeli. Penawaran diskon hingga 80-90 persen menjadi daya tarik utamanya.

Belanja online di beberapa online shop masing-masing mempunyai karakter khasnya masing-masing walaupun secara umum penawaran yang diberikan hampir sama. Lagi-lagi, menjamurnya berbagai situs belanja ini adalah untuk memberikan pilihan kepada pembeli. Kepercayaan dan kualitas pelayanan menjadi kunci sukses menggaet sebanyak mungkin pelanggan setia. Lain lagi social e-commerce yang menggabungkan situs belanja dengan blog atau situs jejaring sosial. Masing-masing memiliki karakter khas yang unik. Sebagai situs jejaring social yang juga masih mempertahankan fungsinya sebagai media sosial, namun mulai memperluas fitur dengan mengajak anggotanya untuk juga bertransaksi melalui situsnya.

Misalnya situs tersebut mengajak anggotanya lebih cerdas berbelanja dengan bantuan rekomendasi belanja dari blogger. Rekomendasi yang diberikan biasanya terkait di berbagai bidang, seperti fashion, kecantikan, ibu dan anak, gadget, dan lain sebagainya. Selain itu, mereka juga mengundang beberapa blogger yang bertindak sebagai penasihat pada para pelanggan, sekaligus saling bertukar informasi mengenai apapun. Salah satu contoh sukses adalah Multiply Commerce. Multiply Commerce mengandalkan kekuatan jaringan dunia maya sebagai pasarnya, selain juga mengajak anggotanya untuk turut berwirausaha secara online melalui situsnya. Fitur Mutiply Commerce, yang merupakan bagian dari media sosial Multiply.com, resmi dirilis 11 Mei 2011. Tak hanya berbelanja online, Multiply Commerce juga mengajak pengguna internet untuk menambah pendapatan melalui jualan online. Multiply pun sukses menjaring penjual online. Sehingga akhirnya menelurkan pebisnis belanja online yang berhasil mandiri.

Belanja online menyasar pada pembeli berbagai kalangan dan tipe dengan ragam pemenuhan kebutuhan yang ditawarkan. Transaksi online yang membutuhkan dukungan infrastruktur dan aplikasi teknologi, juga kesiapan pebelanja untuk memercayakan situs belanja online dalam memenuhi berbagai kebutuhannya menjadi tantangan pada situs belanja ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: